Friday, April 27, 2007

Once Upon A Time In China

Ni hao ma.....

Alhamdulillah, siang ini aku bisa akses ke blog-ku lewat computer di site. Nggak tahu kenapa selama ini line internet selalu gagal dan nggak mau connect ke blog. Padahal, asli aku udah gatel pengen cerita banyak...tentang kisah pertama-ku pergi ke luar Indonesia....tentang China!

Aku berada di lokasi Sino Jinfeng Guizhou Mining Ltd, sebuah lokasi eksplorasi/mining emas di Provinsi Guizhou China. Aku jadi "expatriat jadi-jadian" di sini....

Wajah asia banget tapi harus ngomong pake bahasa Inggris (padahal bahasa inggris-ku rada kacau, bahkan kadang kacau banget! Tapi mau ngomong pake apalagi...ngomong Mandarin meneketehe!, walaupun sedikit demi sedikit asyik juga belajar bahasa negeri ini!). Kadang lucu karena ke-mana-mana aku harus bawa interpreteur. Atau...pake bahasa tubuh sekenanya, paling nggak orang yang kuajak komunikasi ngerti maksudku.

Selain itu...perut "warteg" ini kepaksa mesti di-isi makanan ala western karena Chinese Food kadang nggak bisa kumakan (maaf, agamaku melarang-ku makan daging babi). Kadang jadi mix and match antara western (untuk lauknya) ama Chinese food (untuk nasi-nya) karena perut-ku memang tipikal harus makan nasi!

Dan banyak hal lain yang seru...lucu...kadang wagu...

Sekarang, selesai sudah overseas assignment-ku di Negeri Tirai Bambu sana. Dan...ijinkanlah aku kenang segenap perjalanan, beserta seluruh pengalaman yang tak terlupakan ....



Suasana Kota Guiyang - Ibukota Propinsi Guizhou China (kuambil dari lantai 18 - Regal Hotel)




Rest area di Beipanjang Bridge, perjalanan dari Guiyang ke Jinfeng Site




Tambang Sino-Gold, tampak dari kejauhan


Thanks untuk seluruh keluarga besar Boart Longyear-China ; Darren (untuk kesempatan-nya..), Paul & Jeanine (new people, new ideas!), Lucy-Nancy-Kurt (for the friendship dan dinner yang tak terlupakan di malam terakhirku at Jinfeng Site, I'm gonna miss ya...!), Terry (sukses buat bisnis drilling-nya di Eropa sana..), Graham & Steve (new people, fresh ideas!), Mr. Gong-Ranming-Troy-Brad-Wayne-Luzon-Phil-Andrew (for your cooperation, mate!), Leo & Budha(for the friendship n pelajaran bahasa Mandarin-nya, sukses buat kalian!) All Drillers, All Crews and All Drilling Supports (Xiexie...!!!). Terima kasih juga untuk Sino-Geology Dept, Sino-SOS Clinic, Sino-EHS Dept, dan semua orang yang selalu menyapa " Ni hao....!" dengan ramah.

Zai Jian....Xiexie.... !!!