Saturday, July 15, 2017

Setelah Oktober...

Meskipun saya demen jalan-jalan tetapi bisa dibilang saya nggak pernah membeli buku tentang traveling. Buku-buku semacam itu tak pernah menarik di mata saya jika mampir ke toko buku. Tentu saja rak novel dan kumpulan puisilah yang kerap saya tuju.

Entah mengapa, mungkin karena rata-rata buku traveling yang nangkring di toko buku, destinasinya "biasa". Biasa dalam artian "mudah" karena informasi yang terdapat di dalamnya akan dengan sangat gampang kita dapatkan lewat googling. Bukan hanya "mudah" sih tapi kebanyakan destinasinya luar  negeri yang hingga saat ini masih agak malas saya sambangi. 

Tapi siang ini, akhirnya saya membeli buku traveling pertama sepanjang hidup. Buku terbitan lama sebenarnya, sebuah buku yang dibuat based on sebuah acara di Kompas TV beberapa tahun silam yang sempat kutonton secara random dan kini sepertinya re-run kembali. Buku tersebut berjudul "100 Hari Keliling Indonesia". Yups, saya tergolong sangat telat membelinya.




Belum katam terbaca, masih saya buka-buka secara acak saja. Banyak destinasi tak biasa karena tak sekedar menyasar objek wisata melainkan juga "melihat keseharian Indonesia dengan sejujurnya". Perjalanan tersebut juga penuh inspirasi karena benar-benar "keliling" dan menginjak tanah serta laut Indonesia alias sebisa mungkin nggak pake transportasi udara. Tentu saja, waktu perjalanan akan menjadi sangat panjang. Tapi di situlah serunya. Pantas saja sang host acara tersebut menyebutkan bahwa "Hidup sekali saja tidak cukup untuk bisa mengenali dan memahami Indonesia". Setuja, Mas! 

Seratus hari keliling Indonesia? Hmm...

Di depan masih gelap, umur manusia juga siapa tahu, tapi selepas Oktober 2018 sepertinya saya punya banyak waktu. Selesai dengan pekerjaan, lalu mari bertualang! Benar-benar bertualang! Rezekipun semoga lapang, karena jalan-jalan di negeri sendiri jatuhnya sangat mahal. Ah, bermimpi bolehkan? 

"Di sinilah rumah kita yang terindah di dunia. Tanah yang merdeka, negeri Indonesia"

No comments:

Post a Comment